Hukum Membatalkan Sholat Sunnah Demi Untk Mendapatkan Sholat Berjamaah
Deskripsi masalah:
Setiap adzan telah berkumandang memberitahukan bahwa waktu shalat telah tiba dan untuk mengajak umat muslim untuk melaksanakan keutamaan shalat berjamaah di masjid. Ada waktu yang cukup antara adzan dengan iqamah, agar umat muslim dapat segera datang ke masjid dan mengambil cara berwudhu yang benar.
Umat muslim setelah tiba di masjid dan mengambil wudhu, disarankan untuk melaksanakan shalat sunnah menambah ganjaran pahala. Walaupun shalat sunnah disarankan, namun shalat wajib tetap diutamakan. Dasar hukum Islam menjelaskan bahwa ibadah wajib sepatutnya diutamakan daripada ibadah sunnah. Ini berlaku dalam shalat wajib dan puasa. Imam Suyuthi menjelaskan mengenai keutamaan wajib diutamakan dari pada sunnah,yaitu:
الفرض أَفضل من النفل
"Amalan wajib lebih utama daripada amalan sunnah.”
Tak jarang ketika seseorang sebut saja nama nya kang anwar yang sedang melaksanakan shalat sunnah, iqamah mulai berkumandang,belum seselai sholat sunnahnya imam sudah mengucapkan allohu akbar menunjukkan sholat jamaah sudah dimulai. Hal ini menimbulkan dalam hati kang anwar ingin memutuskan sholat sunnah nya agar dapat sholah berjamaah dengan imam.
Pertanyaan:
1.Bolehkan membatalkan sholat sunnah demi mendapatkan sholat fardhu berjama'ah?
Jawaban:
1.Hukum membatalkan sholat adalah ditafshil:
~>Jika sholat fardhu hukumnya haram bila tanpa udzur syar'i.
~>Jika sholat sunnah maka hukum nya boleh walaupun tanpa udzur,bahkan bisa sunnah apabila ada uszur syar'i seperti:jika dia menyempurnakan sholat sunnahnya akan tertinggal sholat jamaahnya atau ada khawatir akan tertinggal sholat jama'ahnya.Namun disunahkan untuk menyempurnakan shalat qabliyah jika berharap ada jamaah lain yang akan datang dalam waktu dekat, sementara waktu shalat masih longgar.
Referensi:
*الموسوعة الفقهية الكويتية ج ٣٤ ص ٥١
قطع العبادة الواجبة بعد الشروع فيها بلا مسوّغ شرعي غير جائز باتفاق الفقهاء لان قطعها بلا مسوغ شرعي عبث يتنافى مع حرمة العبادة،ورد النهى عن إفساد العبادة،قال تعالى" ولا تبطل اعمالكم" أما قطعها بمسوغ شرعي فمشروع.
_________________________
*الموسوعة الفقهية الكويتية ج ٣٤ ص٥١*
ﺃﻣﺎ ﻗﻄﻊ ﺍﻟﺘﻄﻮﻉ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺸﺮﻭﻉ ﻓﻴﻪ ﻓﻘﺪ ﺍﺧﺘﻠﻒ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﻓﻲ ﺣﻜﻤﻪ ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ ﻭﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ : ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻗﻄﻌﻪ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺸﺮﻭﻉ ﺑﻼ ﻋﺬﺭ ﻛﺎﻟﻔﺮﺽ ﻭﻳﺠﺐ ﺇﺗﻤﺎﻣﻪ، ﻷﻧﻪ ﻋﺒﺎﺩﺓ، ﻭﻳﻠﺰﻡ ﺑﺎﻟﺸﺮﻭﻉ ﻓﻴﻪ، ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺇﺑﻄﺎﻟﻪ، ﻷﻧﻪ ﻋﺒﺎﺩﺓ . ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻭﺍﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ : ﻳﺠﻮﺯ ﻗﻄﻊ ﺍﻟﺘﻄﻮﻉ، ﻋﺪﺍ ﺍﻟﺤﺞ ﻭﺍﻟﻌﻤﺮﺓ، ﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﻤﺘﻨﻔﻞ ﺃﻣﻴﺮ ﻧﻔﺴﻪ،ولكن يستحب إتمامه،أما الحج والعمرة يجب إتمامهما،وإن فسد شرع فيهما،لأن نفلهما كفرضهما.
_______________________________
حاشية إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ج ١ ص ٣٨٨ دار الكتب العلمية
( تتمة ) لو كان يصلي الفائتة وخاف فوت الحاضرة قلبها نفلا وجوبا واشتغل بالحاضرة.
ولو كان يصلي في النافلة وخاف فوت الجماعة قطعها ندبا .
نعم إن رجا جماعة غيرها تقام عن قرب والوقت متسع فالأولى إتمام نافلته ثم يصلي الفريضة معها.
____________________________
حاشية الجمل على شرح المنهج ج ٢ ص ٣٥٩ دار الكتب العلمية
ومحل ما تقرر فى غير الجمعة،وأما فيها فقطعه واجب لإدراكها بإدراك ركوعها الثانى اي يجب قطع النافلة إذا كان لو أتمها فات الركوع الثاني مع الإمام ولو أقيمت الجماعة والمنفرد يصلى حاضرة صبحا أو غيرها وقد قام فى غير الثانية الى الثالثة سن له إتمام صلاته ثم يدخل فى الجماعة وإن لم يقم فى غير ما مر إلى الثالثة يقبلها نفلا واقتصر على ركعتين ثم يدخل فى الجماعة بل لو خاف فوت الجماعة لو تمم ركعتين سن له قطع صلاته وإستئنافها جماعة كما فى المجموع فيكون هذا مستشنى من حرمة قطع الفرض ومن بطلان الصلاة بتغيير النية.
____________________________
حاشية إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ج ١ ص ٣٨٨ دار الكتب العلمية*
ﻭﻧﺪﺏ ﻟﻤﻨﻔﺮﺩ ﺭﺃﻯ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻣﺸﺮﻭﻋﺔ ﺃﻥ ﻳﻘﻠﺐ ﻓﺮﺿﻪ ﺍﻟﺤﺎﺿﺮ ﻻ ﺍﻟﻔﺎﺋﺖ ﻧﻔﻼ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﻭﻳﺴﻠﻢ ﻣﻦ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﻘﻢ ﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﺛﻢ ﻳﺪﺧﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ .
ﻧﻌﻢ ﺇﻥ ﺧﺸﻲ ﻓﻮﺕ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺇﻥ ﺗﻤﻢ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺍﺳﺘﺤﺐ ﻟﻪ ﻗﻄﻊ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﺳﺘﺌﻨﺎﻓﻬﺎ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﺫﻛﺮﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ .
ﻭﺑﺤﺚ ﺍﻟﺒﻠﻘﻴﻨﻲ ﺃﻧﻪ ﻳﺴﻠﻢ ﻭﻟﻮ ﻣﻦ ﺭﻛﻌﺔ ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻗﺎﻡ ﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﺃﺗﻤﻬﺎ ﻧﺪﺑﺎ ﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺨﺶ ﻓﻮﺕ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺛﻢ ﻳﺪﺧﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ .
(قوله أما إذا قام لثالثة الخ) محترز إذا لم يقم لثالثة . (قوله أتمها ندبا) فلو خالف وقلبها نفلا وسلم لم يندب ولكنه يجوز كما مر . (قوله إن لم يخش فوت الجماعة) فإن خشي فوتها قطعها واستأنفها مع الجماعة.
Komentar
Posting Komentar