HUKUM JUAL BELINYA ANAK KECIL
Assalamu Alaikum wr.wb
Diskripsi masalah: Dalam hidup bermasyarakat transaksi jual beli merupakan hal yg sangat penting dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari hari.Oleh sebab itu,segala hal yg berkaitan dengan transaksi telah diatur dan dirumuskan oleh para ulama fiqih,bersamaan dengan itu perkembangan zaman semakin pesat,sedikit banyak mempengaruhi kecerdasan anak anak.Mereka sudah bisa beli jajan sendiri,terlebih lebih anak yg masih duduk dibangku SD,mereka tidak mau berangkat sekolah jika tidak mendapatkan uang jajan dari orang tuanya.
Pertanyaan:
1.Bagaimana fiqih menyikapi transaksi dari anak kecil,apakah sah transaksi jual beli yg dilakukan anak kecil?
Jawaban:
Hukum jual beli anak kecil d tafsil
•jika belum mumayyiz sepakat ulama mengatakan tidak sah
•jika umurnya sudah memasuki mumayyiz maka terjadi khilaf.
madzhab maliki,hanafi,hanbali menganggap boleh dan sah dalam hal yg telah di izinkan oleh walinya.
madzhab syafii dan satu riwayat dalam madzhab hanbali mengatakan tidak sah.
*الموسوعة الفقهية الكواتية ج ص ٢٤٦📙
اتفق الفقهاء على بطلان تصرفات الصبي غير المميز من بيع وشراء وغير ذلك،لان عبارته ملغاة لا اعتداد بها شرعا،فلا تصح بها عبادة ولا تجب بها عقوبة ولا ينعقد معها بيع وشراء،ويستمر هكذا حتى يبلغ السابعة وهو سن التمييز.
اما الصبي المميز فقد اختلف الفقهاء فى انعقاد تصرفاته من بيع وشراء الى فرقين:
فذهب الى الفريق الاول وهم الحنفية والمالكية واحمد فى رواية الى ان تصرف الصبي المميز ينعقد بالبيع والشراء فيما اذن له الولي،والا كان موقوفا على اجازة الولي او الصبي.
وذهب الفريق الثاني وهم الشافعية واحمد فى رواية الى ان بيع الصبي المميز وشراءه لا ينعقد اي منهما لعدم اهلية،لان شرط العاقد عندهم سواء اكان بائعا او مشتريا هو الرشيد.
*شرح المجلة والعدلية ص ١٦١ 📙
ومثله بيع الصبي غير المميز وكذا شراءه (تنوير)بخلاف الصبي المميز فان بيعه وشراءه ينعقد موقوفا على اجازة وليه ان كان لنفسه ونافذا بلا عهدة عليه ان كان لغيره بطريق الولاية
*الفقه على المذاهب الاربعة ج ٢ ص ١٣٩ 📙
الشرط الثاني ان يكون مميزا فلا ينعقد بيع الصبي الذي لا يميز،اما الصبي المميز الذي يعرف معنى البيع وما يترتب عليه من الاثر فانه ينعقد بيعه وشراءه ،ويتوقف نفاذه على اجازة الولى او الوصي او اجازة نفسه بعد البلوغ
تقريرات الرافعي على رد على المختار على الدر المختار ص ٥٠٢ - ٥٠٣
وشراء العبد نفسه من مولاه بامره والرسول من الجانبين الخ
فيصح بيع الصبي او العبد لنفسه ولا بيع الحر والمدبر وام الولد
Namun sebagian ulama madzhab syafi'i membolehkan mengutus anak kecil untuk memenuhi hajat seperti:menjual dan membeli,dan sebagian ulama membolehkan dengan syarat:
• bila di tashorrufkan termasuk dalam hal hal yg remeh walau tanpa izin walinya.
• bilamana ditashorrufkan kepada barang barang yg termasuk bernilai maka mesti izin dari wali:
*بغية المسترشدين ص ١٢٤ الحرمين📙
[فائدة]: قال في القلائد: نقل أبو فضل في شرح القواعد عن الجوزي الإجماع على جواز إرسال الصبي لقضاء الحوائج الحقيرة وشرائها، وعليه عمل الناس بغير نكير، ونقل في المجموع صحة بيعه وشرائه الشيء اليسير عن أحمد وإسحاق بغير إذن وليه وبإذنه حتى في الكثير عنهما، وعن الثوري وأبي حنيفة، وعنه رواية ولو بغير إذنه، ويوقف على إجازته، وذاكرت بذلك بعض المفتين فقال: إنما هو في أحكام الدنيا، أما الآخرة إذا اتصل بقدر حقه بلا غبن فلا مطالبة اهـ.
Pertanyaan:
2.Apakah setandar nominal makanan itu dikatakan barang barang remeh(الحقير)?
Jawaban:
ulama khilaf menentukan makanan itu dikatakan makan remeh:
• sebagian ulama mengatakan apabila kurang dari ukuran pencuri dapat had.
• sebagian ulama berpendapat tidak dibatasi dengan bilangan,melainkan dibatasi dengan sebuah barang yg sekiranya pemilik dari barang tersebut ketika hilang dia tidak terlalu memikirkan nya.
حاشيتا قليوبي وعميرة ج ٣ ص ١٨٥ دار الكتب العلمية
والاصح ان الحقير)اي القليل المتمول،وقدر بعضهم القليل المتمول بما دون نصاب السرقة،والاصح لا يتقدر بل ما غلب على الظن ان فاقده لا يكثر اسفه عليه ولا يطول له غالبا.
KESIMPULAN:
Tidak mengapa orang tua menyuruh anak kecil yg mumayyidz untuk membeli sesuatu karena jual beli anak kecil ada menganggap sah dalam madzhab syafi'i.Bahkan dijaman sayyidina umar bin khottob,bahwa wanita wanita yg tidak pernah keluar dari rumahnya,mereka menyuruh anak anak kecil mereka untuk membeli barang barang keperluan mereka,maka ketika itu sayyidina umar tidak mengingkarinya.
*كفاية الاخيار فى حل غاية الاختصار ص ٢٤٠ الحرامين
وقد كانت المغيبات يبعثن الجواري والغلمان فى زمن عمر بن الخطاب رضي اللّٰه عنه لشراء الحوائج فلا ينكر
وكذا فى زمن غيره من السلف والخلف والله اعلم
Wallahu A'lamu bisshowab..
Penanggung jawab: @ummi/ امي دندازهيرة
Perumus dan mujawwib: @Ustad عاشق العلماء, @ustd Ishadi dan Tim Admin yg lainnya.
Masya Allph, wa Alhamdulillah,, Jazakallahu kheir de ustad
BalasHapusYa ummi sama2 mhon doanya semoga Istiqomah.
Hapus