Hukum Wanita Ziaroh Qubur
Assalamu'alaikum wr.wb
Deskripsi Masalah :
Hari ini tepat tanggal 21 bulan Sya'ban, 1441 Hijriyyah, besok hari masuk ke tanggal 22. Dengan demikian tidak lama lagi kita akan masuk pada bulan Ramadhon yang mana seperti saya ketahui bahwa tradisi umat Muslim khusus di daerah saya Kota Sukabumi tak jarang yang tidak melakukan ziarah kubur ke pemakaman keluarga yang meninggal.
Pertanyaan :
Bagaimana hukum menayangkan Video Siaran Langsung, dan berselfie ria, berdandan molek yang dilakukan oleh kaum wanita di area pemakaman tersebut ?
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jawaban :
Wa alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh
Wanita boleh berziarah kubur asal di temani mahramnya aman dari fitnah dan menutupi auratnya, apabila ketentuan tersebut di langgar maka bisa di haramkan apalagi berdandan menor yang akan menjadi perhatian orang banyak .
قال الشيخ عبد المعطي السقا في ( الارشادات السنية ) ص 111 :
زيارة قبور المسلمين مندوبة للرجال لخبر مسلم : كنت نهيتكم عن زيارة القبور فزوروها فإنها تذكركم الآخرة : أما زيارة النساء فمكروهة إن كانت لقبر غير نبي وعالم و صالح وقريب ، أما زيارة القبر النبي ومن ذكر معه فمندوبة لهن بدون محرم إن كانت القبور داخل البلد ، ومع محرم إن كانت خارجة ، ومحل ندب زيارتهن أو كراهتها إذا أذن لهن الحليل أو الولي وأمنت الفتنة ولم يترتب على اجتماعهن مفسدة كما هو الغالب ، بل المحقق في هذا الزمان ، وإلا فلا ريبة في تحريمها. ويستحب الاكثار من الزيارة لتحصيل الاعتبار والعظة وتذكر الآخرة ، وتتأكد الزيارة عشية يوم الخميس ويوم الجمعة بتمامه وبكرة يوم السبت.
Berkata as-Syaikh ‘Abdul Mu’thi as-Saqaa dalam kitab al-Irsyaadaat as-Sunniyah “Berziarah dikuburan orang-orang muslim disunahkan bagi para pria berdasarkan hadits riwayat Muslim “Aku (dulu) melarang kalian berziarah kubur, (sekarang) berziarahlah karena ia mengingatkan kalian pada akhirat”.
Sedang bagi para wanita ziarah kubur hukumnya makruh bila bukan kuburan nabi,orang alim, orang shalih atupun kerabat, sedang menziarahi kuburan nabi dan orang yang telah disebutkan sunah baginya bila kuburannya masih dalam satu daerah atau diluar daerah saat ia bersama mahramnya.
Kesunahan ziarah baginya dengan ketentuan seizin suaminya atau walinya, aman dari fitnah dan dalam perkumpulannya tidak menimbulkan kerusakan seperti pada umumnya bahkan yang menjadi kenyataan dizaman ini, bila tidak demikian maka keharaman ziarah baginya tidak dapat disangsikan.
Disunahkan memperbanyak ziarah dengan tujuan supaya dapat mengambil pertimbangan, peringatan serta teringat kehidupan akhirat.Kesunahan ziarah menjadi mauakad dihari kamis sore dan hari jumat dan makruh dihari sabtu”.
al-Irsyaadaat as-Sunniyah hal. 111 ].
Kesimpulannya
jika tdk menimbulkan fitnah hukum nya makruh, tetapi bila ada tujuannya, kalau tidak ada tujuan, yaa tidak boleh sepeti selfi, berfoto dll
Reperensi:
📚 Kitab i'anah jilid 2, hlm 161
يندب (زيارة قبور لرجل) لا لانثى، فتكره لها.
نعم، يسن لها زيارة قبر النبي (ص).
قال بعضهم: وكذا سائر الانبياء
فتكره) أي الزيارة، لأنها مظنة لطلب بكائهن، ورفع أصواتهن، لما فيهن من رقة القلب، وكثرة الجزع، وقلة احتمال المصائب.
وإنما لم تحرم لانه - صلى الله عليه وسلم - مر بامرأة تبكي على قبر صبي لها، فقال لها: اتقي الله واصبري متفق عليه.
فلو كانت الزيارة حراما لنهي عنها.
ولخبر عائشة رضي الله عنها قالت: قلت: كيف أقول يا رسول الله؟ - تعني إذا زرت القبور -.
قال: قولي: السلام على أهل الدار من المؤمنين والمسلمين، ويرحم الله المستقدمين والمستأخرين، وإنا إن شاء الله بكم لاحقون.
ومحل ذلك حيث لم يترتب على خروجها فتنة، وإلا فلا شك في التحريم
Wallahu A'lamu bisshowab..
______________________________________
Komentar
Posting Komentar