HUKUM SHOLAT SAMBIL MENGGENDONG BAYI/ANAK KECIL
Diskripsi masalah
Assalamualaikum wr.wb
Ya Asatid wa asatidzah Sering sya melihat d masjid2 Atw d mosholla bnyak Anak kecil yg menimpel bahkan ada juga yg d gendong Sma orang taunya yg kmunkinan anak tersebut tdk terjaga tentang kesucianya.
Pertanyaan :
Bagaimana jika kita shalat ditempeli anak kecil atau menggendongnya. ?
Apakah sholat nya sah, karena dalam sholat itu di larang banyak bergerak ?
Mohon penjelasan beserta syareh/Reperensi, wa syukran
JAWABAN:
Waalaikumussalamu warohmatullohi wabarokatuh
📙Bulughul Marom, hal. : 45,
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصلي وهو حامل امامة بنت زينب فاذا سجد وضعها واذا قام حملها
Rasulullah Saw. sholat sambil menggendong cucunya, Umamah Binti Zainab. Ketika beliau hendak sujud, maka beliau meletakkannya. Lalu ketika berdiri, beliau menggendongnya kembali. (HR. Bukhori dan Muslim)
Imam Muslim menambahkan,
وهو يؤم الناس في المسجد
Pada waktu itu beliau sedang menjadi imam di masjid. (HR. Muslim)
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْلَمَةَ بْنِ قَعْنَبٍ، وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَا: حَدَّثَنَا مَالِكٌ، عَنْ عَامِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، ح وَحَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، قَالَ: قُلْتُ لِمَالِكٍ: حَدَّثَكَ عَامِرُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ عَمْرِو بْنِ سُلَيْمٍ الزُّرَقِيِّ، عَنْ أَبِي قَتَادَةَ: «أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي وَهُوَ حَامِلٌ أُمَامَةَ بِنْتَ زَيْنَبَ بِنْتِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلِأَبِي الْعَاصِ بْنِ الرَّبِيعِ، فَإِذَا قَامَ حَمَلَهَا وَإِذَا سَجَدَ وَضَعَهَا
Dari Abdullah bin Maslamah, dari Qutaibah, dari Malik, dari ‘Amir, dari amru dari Qatadah bahwa Rasulullah saw suatu ketika solat sedang menggendong Umamah binti Zainab (cucu Nabi) anak dari Abul ‘Ash bin ar-Rabi’. Ketika nabi berdiri, beliau menggendongnya, dan saat sujud, beliau menaruhnya. (HR. Muslim)
Dari hadis di atas ulama fikih secara membolehkan menggendong bayi ketika solat. Tentu ada syaratnya. Yaitu, pakaian bayi tidak bernajiis. Dlam hadis di atas tidak dibatasi (muqayyadd) apakah dalam solat sunnat atau solat wajib. Ulama sepakat dibolehkan dalam solat sunnat maupun wajib.
Imam as-Syafi’i dalam kitab al-Umm menjelaskan bahwa pakaian yang dipakai oleh Umamah, maksudnya pakaian bayi. Artinya ada kemungkinan jika terkena najis sebelumnya, baik itu seperti darah, muntah, atau air kencing (bayi yang sudah lewat masa minum ASI). Intinya, harus dipastikan terlebih dahulu pakaian bayinya. Karena khawatir akan mengenai si penggendong.
Menggendong bayi saat solat juga didasarkan karena hajat. Barangkali untuk menolak kemungkinan terburuk bagi bayi jika tidak digendong. Artinya menggendong bayi adalah kebutuhan, dan hal yang bersifat kebutuhan boleh dilakukan saat solat, meski itu tidak termasuk gerakan sholat.
NB:
Hukum shalat nya orang yang ditempeli / disandari anak kecil adalah sah, selama bagian yang menempel dari anak tersebut adalah suci.
Sedangkan hukum shalatnya orang yang menggendong atau memangku anak kecil adalah di tafsil :
• Apabila diyakini adanya najis pada anak kecil tersebut, maka hukum shalat yang dilakukan adalah batal.
• Apabila tidak diyakini adanya najis pada anak kecil tersebut, maka hukum shalat yang dilakukan adalah sah, dengan berdasarkan Hadits :
عَنْ أَبِي قَتَادَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي وَهُوَ حَامِلٌ أُمَامَةَ بِنْتَ زَيْنَبَ بِنْتِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلِأَبِي الْعَاصِ بْنِ الرَّبِيعِ فَإِذَا قَامَ حَمَلَهَا وَإِذَا سَجَدَ وَضَعَهَا قَالَ يَحْيَى قَالَ مَالِكٌ نَعَمْ
“Dari Abu Qotadah, sesungguhnya Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wasallam pernah Shalat dalam keadaan menggendong Umamah binti Zainab, putri Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wasallam – dan dalam riwarayat lain “Abu al-Ash bin ar-Robi'” – Apabila beliau berdiri, maka beliau menggendongnya. Dan apabila bersujud maka beliau meletakkannya”. (Shohih Muslim, No.844).
شرح النووي على مسلم ج ٥ ص ٣١- ٣٢📙
عن أبي قتادة: «أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلي وهو حامل أمامة بنت زينب بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم ولأبي العاص بن الربيع، فإذا قام حملها وإذا سجد وضعها ……. ففيه دليل لصحة صلاة من حمل آدميا أو حيوانا طاهرا من طير وشاة وغيرهما وأن ثياب الصبيان وأجسادهم طاهرة حتى تتحقق نجاستها – الى أن قال – هذا يدل لمذهب الشافعي رحمه الله تعالى ومن وافقه أنه يجوز حمل الصبي والصبية وغيرهما من الحيوان الطاهر في صلاة الفرض وصلاة النفل ويجوز ذلك للإمام والمأموم والمنفرد
الام ج١.ص٧٢
قال الشافعي – رحمه الله تعالى – : قال الله عز وجل
{وثيابك فطهر} [المدثر: 4] فقيل: يصلي في ثياب طاهرة وقيل: غير ذلك والأول أشبه؛ لأن رسول الله – صلى الله عليه وسلم – أمر أن يغسل دم الحيض من الثوب فكل ثوب جهل من ينسجه أنسجه مسلم، أو مشرك أو وثني، أو مجوسي أو كتابي، أو لبسه واحد من هؤلاء، أو صبي فهو على الطهارة حتى يعلم أن فيه نجاسة وكذلك ثياب الصبيان؛ لأن رسول الله – صلى الله عليه وسلم – صلى وهو حامل أمامة بنت أبي العاص وهي صبية عليها ثوب صبي
قرة العين بفتاوى الشيخ إسماعيل زين ص ٥٥
سؤال: ما قولكم فيمن يصلى فاعتنقه صبي لم يختتن وتعلق به ومعلوم أن ذلك الصبى لا بد من أن يحمل نجاسة في فرجه فهل صلاته مع ذلك صحيحة أم لا؟
الجواب: إذا كان معلوما أن الصبي المذكور يحمل نجاسة ظاهرة في جلدة قلفة الختان أو في ظاهر فرجه مثلا فصلاة من يحمله باطلة وإن لم يكن معلوما ولا مظنونا ظنا غالبا فصلاة من يحمله صحيحة عملا بأصل الطهارة(1). (1) أما مجرد مماسة لباس الصبي وتعلقه بالمصلي دون أن يحمله فلا تبطل به الصلاة وهو كمن يصلى ويضع تحت قدمه طرف الحبل المتصل بالنجاسة والله أعلم
حاشية البجيرمي على الخطيب ج ١ ص ٤٤٣📙
فرع: لو تعلق بالمصلي صبي أو هرة لم يعلم نجاسة منفذهما لا تبطل صلاته؛ لأن هذا مما تعارض فيه الأصل، والغالب إذ الأصل الطهارة والغالب النجاسة، وخرج بقولنا لم يعلم نجاسة منفذهما ما لو علمه، ثم غابت الهرة أو الطفل زمنا لا يمكن فيه غسل منفذهما فهو باق على نجاسته فتبطل صلاته لتعلقهما بالمصلي
حاشية الشبراملسي ج ٢ ص ١٨📙
قوله: لأنا لا نتيقن نجاسة موضع الإصابة) منه يؤخذ أنه لو تعلق به صبي أو هرة لم يعلم نجاسة منفذهما لا تبطل صلاته؛ لأن هذا مما تعارض فيه الأصل والغالب إذ الأصل الطهارة والغالب النجاسة، وخرج بقولنا لم يعلم نجاسة منفذهما ما لو علمه ثم غابت الهرة والطفل زمنا يمكن فيه غسل منفذهما فهو باق على نجاسته فتبطل الصلاة بتعلقهما بالمصلي
Wallahu A'lamu bisshowab.
Penanggung jawab: @ummi/ امي دندازهيرة
Perumus dan mujawwib: @Ust khosiyanto spdi @ust Aby Abd Hady @Ustadz M . Hasyiem Ritonga spd @Ustad عاشق العلماء, @ustd Ishadi dan Tim Admin yg lainnya.
Komentar
Posting Komentar