hukum talaq dengan Ucapan kinayah
Assalamualaikum wr wb.
Deskripsi Masalah
ALLAH mencipptakan manusia berpasang pasangan ada laki dan perempua dimana keduanya mempunyai rasa cinta, dari keterpaduan dua cinta timbullah pihak laki" untuk meminang dan menikahinya. Akan tetapi ketika saat berumah tangga kadang perselisihan, beda pendapat dan rasa cemburu itu yang menghiasi sehingga jadi pertengkaran dan membuat rumah tangga yang dibina bersama berujung dengan perpisahan.
Pertanyaan :
Assalamualaikum pk ustad, maaf saya mau tanya,
Bagaimana jika seorang suami klw bertengkar sering mengatakan talak dan malah sudah mengatakannya pda orang tua istri untuk mengembalikannya, bagaimana hukumnya dlm ikatan pernikahan apakah masih sah jadi suami istri atau tidak, terima kasih
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jawaban :
Wa 'Alaikumus Salam
Suami mengucapkan talaq kepad istrinya, jika ia menggunakan lafadz talaq seperti yang disebutkan dalam pertanyaan maka jatuhlah talaq karena lafadz yang ia ucapakan ialah lafadz sharih, adapun suami mengatakan mengembalikan istrinya kepada mertuanya, jika suami menyertakan niat saat ia ucapkan maka jatuhlah talaq, bila tidak maka tidak jatuh, karena lafadz yang ia ucapkan yaitu lafadz kinayah
๐[Kifayatul Akhyar. Juz. 1/ Hal. 388_391]
ุซู
َّ ุงَّْูููุธ ุฅِู
َّุง ุตَุฑِูุญ َูุฅِู
َّุง َِููุงَูุฉ ูุงูุตุฑูุญ ู
َุงูุง ูุชَََّููู ُُูููุน ุงูุทََّูุงู ุจِِู ุนูู َِّููุฉ ِูุฃََُّูู ูุฐَِูู ูุถุน ุฃَู َูุถุนู ุงูุดَّุงุฑِุน ูุฐَِูู َูุฃู
ุง ุงَِْูููุงَูุฉ ََُููู ู
َุง ูุชَََّููู ุนูู ุงَِّّูููุฉ ََููุฐَุง ุจِุงْูุฅِุฌْู
َุงุน ََููุง َููุน ุงูุทََّูุงู ِูู ุงَِْูููุงَูุฉ ุจَِูุง َِّููุฉ َูุงَู
(ูุงูุตุฑูุญ ุซََูุงุซَุฉ ุฃََْููุงุธ ุงูุทََّูุงู ูุงููุฑุงู ูุงูุณุฑุงุญ ََููุง ْููุชَูุฑ ุตَุฑِูุญ ุงูุทََّูุงู ุฅَِูู ุงَِّّูููุฉ)
ุฃู
ุง َููู ุงูุทََّูุงู ุตَุฑِูุญًุง َِููุฃََُّูู ูุฏ ุชَูุฑุฑ ِูู ุงُْููุฑْุขู ูุงุดุชูุฑ ู
َุนَْูุงُู ََُููู ุญู ููุฏ ุงَِّูููุงุญ ِูู ุงْูุฌَุงَِِّูููุฉ َูุงْูุฅِุณَْูุงู
ูุฃุทุจู ุนََِْููู ู
ُุนุธู
ุงْูุฎูู َููู
ูุฎْุชَูู ِِููู ุฃุญุฏ
Lalu bagaimana jika saat bertengkar suami mengucapkan talaq dan ia mengaku hilang akalnya pada saat itu..jatuhkah talaq..?
Para ulama sepakat (ittifaq) bahwa talak dalam keadaan marah tetap jatuh sama hal nya dengan talak dalam kondisi yang lain. Sedangkan hadist Rasulullah ๏ทบ:
ูุง ุทูุงู ูู ุฅุบูุงู
Arti kalimat ุฅุบูุงู adalah paksa(ikrah) bukan marah.
๐[I'anatuth Thalibin. Juz. 4/ Hal. 5 cet. Haramain]:
ูุงุชูููุง ุนูู ูููุน ุทูุงู ุงูุบุถุจุงู ูุฅู ุงุฏุนู ุฒูุงู ุดุนูุฑู ุจุงูุบุถุจ ( ูุง ) ุทูุงู (ู
ูุฑู ) ุจุบูุฑ ุญู
ูููู ูุงุชูููุง ุนูู ูููุน ุทูุงู ุงูุบุถุจุงู ) ูู ุชุฑุบูุจ ุงูู
ุดุชุงู
ุณุฆู ุงูุดู
ุณ ุงูุฑู
ูู ุนู ุงูุญูู ุจุงูุทูุงู ุญุงู ุงูุบุถุจ ุงูุดุฏูุฏ ุงูู
ุฎุฑุฌ ุนู ุงูุงุดุนุงุฑ ูู ููุน ุงูุทูุงู ุฃู
ูุง ููู ููุฑู ุจูู ุงูุชุนููู ูุงูุชูุฌูุฒ ุฃู
ูุง ููู ูุตุฏู ุงูุญุงูู ูู ุฏุนูุงู ุดุฏุฉ ุงูุบุถุจ ูุนุฏู
ุงูุฅุดุนุงุฑ ูุฃุฌุงุจ ุจุฃูู ูุง ุงุนุชุจุงุฑ ุจุงูุบุถุจ ูููุง ูุนู
ุฅู ูุงู ุฒุงุฆู ุงูุนูู ุนุฐุฑ ุงูู ุจุญุฐู ููููู ูุฅู ุงุฏุนู ุฒูุงู ุดุนูุฑู ุฃู ุฅุฏุฑุงูู ููููู ุจุงูุบุถุจ ุฃู ุจุณุจุจ ุงูุบุถุจ ููู ู
ุชุนูู ุจุฒูุงู
( ูููู ูุง ุทูุงู ู
ูุฑู ) ู
ุนุทูู ุนูู ุทูุงู ู
ุฎุชุงุฑ ุจุงุนุชุจุงุฑ ุงูุดุฑุญ ุฃู
ุง ุจุงุนุชุจุงุฑ ุงูู
ุชู ูู
ูุฑู ู
ุนุทูู ุนูู ู
ููู ุฃู ูุง ููุน ุทูุงู ู
ูุฑู ุฅุฐุง ูุฌุฏุช ุดุฑูุทู ุงูุขุชูุฉ ุฎูุงูุง ููุฅู
ุงู
ุฃุจู ุญูููุฉ ุฑุถู ุงููู ุนูู ูุฐูู ูุฎุจุฑ ุฑูุน ุนู ุฃู
ุชู ุงูุฎุทุฃ ูุงููุณูุงู ูู
ุง ุงุณุชูุฑููุง ุนููู ูุฎุจุฑ ูุง ุทูุงู ูู ุฅุบูุงู ุจูุณุฑ ุงููู
ุฒุฉ ุฃู ุฅูุฑุงู
๐[Nihayatul Muhtaj. Juz. 6/ Hal. 445]:
ููุง ููุน ุทูุงู ู
ูุฑู) ุจุบูุฑ ุญู ูู
ุง ูุง ูุตุญ ุฅุณูุงู
ู ูุฎุจุฑ «ูุง ุทูุงู ูู ุฅุบูุงู» ุฃู ุฅูุฑุงู ุฑูุงู ุฃุจู ุฏุงูุฏ ูุงูุญุงูู
ูุตุญุญ ุฅุณูุงุฏู ุนูู ุดุฑุท ู
ุณูู
๐[Tuhfatul Muhtaj. Juz. 8/ Hal. 32]:
ูุฐูู ููุฎุจุฑ ุงูุตุญูุญ ุจุฑูุน ุงูููู
ุนูู ู
ุน ุงูุฎุจุฑ ุงูุตุญูุญ ุฃูุถุง «ูุง ุทูุงู ูู ุฅุบูุงู» ููุณุฑู ูุซูุฑูู ุจุงูุฅูุฑุงู ูุฃูู ุฃุบูู ุนููู ุงูุจุงุจ ุฃู ุงูุบูู ุนููู ุฑุฃูู ูู
ูุนูุง ุชูุณูุฑู ุจุงูุบุถุจ ููุงุชูุงู ุนูู ูููุน ุทูุงู ุงูุบุถุจุงู ูุงู ุงูุจูููู، ูุฃูุชู ุจู ุฌู
ุน ู
ู ุงูุตุญุงุจุฉ ููุง ู
ุฎุงูู ููู
ู
ููู
ูููู: ูุฃูุชู ุจู) ุฃู ุจูููุน ุทูุงู ุงูุบุถุจุงู ููููู: ููุง ู
ุฎุงูู ุฅูุฎ ุฃู ููุงู ุฅุฌู
ุงุนุง ุณููุชูุง
๐[Syarah Kabir li ad-Dardiri fil Fiqh Maliki. Juz. 2/ Hal. 367]:
ุฃู ุฃูุฑู) ุนูู ุฅููุงุนู ููุง ููุฒู
ู ุดุฆ ูู ูุชูู ููุง ูุถุงุก ูุฎุจุฑ ู
ุณูู
: ูุง ุทูุงู ูู ุฅุบูุงู ุฃู ุฅูุฑุงู
๐[Al-Mughny li Ibni Qudamah Mazhab Hanbali]:
ู
ุณุฃูุฉ ูุงู : ( ูู
ู ุฃูุฑู ุนูู ุงูุทูุงู ูู
ููุฒู
ู ) ูุง ุชุฎุชูู ุงูุฑูุงูุฉ ุนู ุฃุญู
ุฏ ุฃู ุทูุงู ุงูู
ูุฑู ูุง ููุน .ูุฑูู ุฐูู ุนู ุนู
ุฑ ูุนูู ูุงุจู ุนู
ุฑ ูุงุจู ุนุจุงุณ ูุงุจู ุงูุฒุจูุฑ ูุฌุงุจุฑ ุจู ุณู
ุฑุฉ
ูุจู ูุงู ุนุจุฏ ุงููู ุจู ุนุจูุฏ ุจู ุนู
ูุฑ ูุนูุฑู
ุฉ ูุงูุญุณู ูุฌุงุจุฑ ุจู ุฒูุฏ ูุดุฑูุญ ูุนุทุงุก ูุทุงูุณ ูุนู
ุฑ ุจู ุนุจุฏ ุงูุนุฒูุฒ ูุงุจู ุนูู ูุฃููุจ ุงูุณุฎุชูุงูู ูู
ุงูู ูุงูุฃูุฒุงุนู ูุงูุดุงูุนู ูุฅุณุญุงู ูุฃุจู ุซูุฑ ูุฃุจู ุนุจูุฏ
ูุฃุฌุงุฒู ุฃุจู ููุงุจุฉ ูุงูุดุนุจู ูุงููุฎุนู ูุงูุฒูุฑู ูุงูุซูุฑู ูุฃุจู ุญูููุฉ ูุตุงุญุจุงู ูุฃูู ุทูุงู ู
ู ู
ููู ูู ู
ุญู ูู
ููู ููููุฐ ูุทูุงู ุบูุฑ ุงูู
ูุฑู .ูููุง ููู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
: ุฅู ุงููู ูุถุน ุนู ุฃู
ุชู ุงูุฎุทุฃ ูุงููุณูุงู ูู
ุง ุงุณุชูุฑููุง ุนููู ุฑูุงู ุงุจู ู
ุงุฌู .ูุนู ุนุงุฆุดุฉ ุฑุถู ุงููู ุนููุง ูุงูุช : ุณู
ุนุช ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูููู : ูุง ุทูุงู ูู ุฅุบูุงู .ุฑูุงู ุฃุจู ุฏุงูุฏ ، ูุงูุฃุซุฑู
، ูุงู ุฃุจู ุนุจูุฏ ، ูุงููุชูุจู : ู
ุนูุงู : ูู ุฅูุฑุงู
ููุงู ุฃุจู ุจูุฑ : ุณุฃูุช ุงุจู ุฏุฑูุฏ ูุฃุจุง ุทุงูุฑ ุงููุญูููู ููุงูุง : ูุฑูุฏ ุงูุฅูุฑุงู ูุฃูู ุฅุฐุง ุฃูุฑู ุงูุบูู ุนููู ุฑุฃูู
Wallahu A'lamu bisshowab..
____________________________
Penanggung jawab: @ummi/ ุงู
ู ุฏูุฏุงุฒููุฑุฉ
Perumus dan mujawwib: @Ust khosiyanto spdi @ust Aby Abd Hady @Ustadz M . Hasyiem Ritonga spd @Ustad ุนุงุดู ุงูุนูู
ุงุก, @ustd Ishadi dan Tim Admin yg lainnya.
Komentar
Posting Komentar