Alqur'an terjemahan apakah termasuk tafsir
Assalamualaikum wr wb.
Deskripsi masalah :
Tafsir Al Qur-an yang banyak muncul belakangan ini, seperti terbitan Jiddah / terbitan timur tengah lainnya sangat beragam bentuknya. Ada yang penulisannya disendirikan diluar garis, ada pula yang dibawah dari tulisan Al Qur-an nya. Cara penulisannya pun berbeda-beda, ada yang tidak diulangi ayatnya, ada pula yang diulangi ayatnya baru kemudian ditafsiri.
Pertanyaan :
Assalamu a'laikum
Ustadz dan ustadzah
Saya pengen bertanya nih
a. Apakah yang dijadikan standar hitungan sebuah tafsir yang sehingga dapat dikatakan lebih banyak tafsirnya atau lebih banyak Al Qur-annya ?.
b. Apakah ayat yang diulangi tersebut juga dihitung sebagai Al- Qur-an yang dapat mempengaruhi banyaknya ayat ?.
c. Jika bentuk tafsirnya sangat kecil sekali, sehingga yang nampak hanya Al Qur-annya, apakah sama statusnya ?.
d. Aapakah terjemah yang ditulis dengan huruf selain Arab (bahasa Indonesia) dikategorikan tafsir ?.
Mohon penjelasan berikut reperensi
Terima kasih sebelum nya
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jawaban :
Segala jenis terjemah, baik terjemah tafsiriyyah ataupun harfiyyah tidak berstatus sebagai tafsir yang dapat merubah Al-Qur’an menjadi dapat dipegang meski dalam keadaan hadats. Sebab arti tafsir sendiri adalah
وان التفسير: هو التوضيح لكلام الله تعالى سواء كانت بلغة الأصل {اللغة العربية} أم بغيرها، بطريق اجمالي أو تفسيري، متناولا كافة المعانى والمقاصد أو مقتصرا على بعضها دون بعض
“Tafsir adalah memperjelas kalam Allah, baik dengan menggunakan bahasa asli (bahasa Arab) atau dengan Bahasa yang lain. Baik penjelasan secara global ataupun dengan cara penafsiran . mencakup terhadap keseluruhan makna dan maksud dalam Al-Qur’an ataupun meringkas dengan sebagian makna dan tujuan tanpa menjelaskan makna dan tujuan yang lain” (Muhammad Abdul Adzim Az-Zarqani, Manahil al-Irfan, Juz 2, Hal. 80)
Terjemahan Al-Qur’an bukanlah sesuatu yang memperjelas kandungan makna dalam Al-Qur’an, akan tetapi hanya sebatas mengartikan kata yang terdapat dalam Al-Qur’an, sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai tafsir. Oleh sebab itu, maka orang yang memegang terjemahan wajib dalam keadaan suci ketika memegang atau membawa Al-Qur’an terjemahan. Hukum ini ditegaskan dalam kitab Nihayah az-Zain:
أما ترجمة المصحف المكتوبة تحت سطوره فلا تعطي حكم التفسير بل تبقى للمصحف حرمة مسه وحمله كما أفتى به السيد أحمد دحلان
“Adapun terjemahan mushaf Al-Qur’an yang ditulis dibawah kertas dari mushaf maka tidak dihukumi sebagai tafsir, akan tetapi tetap berstatus sebagai mushaf yang haram memegang dan membawanya (dalam keadaan hadats), hukum ini seperti halnya yang difatwakan oleh Sayyid Ahmad Dahlan.” (Muhammad Nawawi al-Bantani, Nihayah az-Zain juz. 1, Hal. 33)
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jawaban a:
Yang dijadikan standarnya adalahnya jumlah huruf. Kalau Al Qur-an menggunakan khoth Utsmani, kalau tafsir menggunakan kaidah khot.
Jawaban b :
Ayat Al Qur-an yang diulangi tersebut termasuk Al Qur-an yang dapat mempengaruhi hitungan banyaknya ayat.
Jawaban c :
Statusnya sama sekalipun tafsirnya sangat kecil sekali.
Referensi : (a.b.c.)
1. Al Bajuri Juz I Hal. 117.
2. Bujairomi Alal Khothib Juz I Hal. 317 – 318.
1-وفى الباجورى على فتح القريب للشيخ ابرهيم الباجورى ما نصه :
{قوله وفى تفسير أكثر من القرآن} - الى أن قال – والعبرة فى الكثرة والقلة بالخط العثمانى فى المصحف وبقاعدة الخط فى التفسير اهـ .
2-وفى البجيرمى على الخطيب للشيخ سليمان البجيرمى ما نصه :
والعبرة بالكثرة فى الحروف الرسمية بالرسم العثمانى فى القرآن وبرسم الخط فى التفسير – الى أن قال _ وقال العلامة العبادى العبرة باللفظ مطلقا ق ل مع الزيادة وعبارة م ر والأوجه أن العبرة بالقلة والكثرة باعتبارالحروف لا الكلمات – الى أن قال – ولوكتب بهامش مصحف تفسيرا فهوكالتفسير الممازج لأنهم أطلقوا التفسير ولم يفرقوا بين المتميز وغيره على ما اعتمده ق ل خلافا لمن قال بالحرمة وقال انه مصحف اهـ.
Jawaban d :
Tarajamah yang di tulis dengan huruf selain arab (bahasa Indonesia) di kategorikan Tafsir.
Referensi : 1. Faidlul Khobir Hal. 27.
1-وفى فيض الخبير للسيد علوي بن السيد عباس المالكي ما نصه :
وان التفسير : هو التوضيح لكلام الله تعالى سواء كانت بلغة الأصل {اللغة العربية} أم بغيرها ، بطريق اجمالي أو تفسيري ، متناولا كافة المعانى والمقاصد أو مقتصرا على بعضها دون بعض اهـ.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Wallahu A'lamu bisshowab..
Penanggung jawab: @ummi/ امي دندازهيرة
Perumus dan mujawwib: @Ust khosiyanto spdi @ust Aby Abd Hady @Ustadz M . Hasyiem Ritonga spd @Ustad عاشق العلماء, @ustd Ishadi
@Ustadzah Al Maidatul Mutiara Annisa
dan Tim Admin yg lainnya.
Masya Alloh tabarokallah
BalasHapusJazakallahu kheir de ustad,, semoga ini enjadi ilmu yg bermamfaat bgt semua,,
Alhamdulillah syukron
BalasHapus