Hukum sholat Jumaat kurang dari 40

Assalamualaikum wr wb.
Deskripsi masalah :
Dalam islam ada aturan ketika melakukan ibadah seperti syarat dan rukun.
Syarat dan rukun sangat dianjurkan bila seseorang hendak melakukan ibadah seperti dalam hal melaksanakan ibadah shalat jum'at


Pertanyaan :

 Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Ustdz afwan mau tanya lg boleh kahh..??
 Bgmna hukumnya melaksanakn sholat jum'at seandainya laki2 akil baligh dan muqimnya kurang dr 40 org ?? 

Afwan ustdz nanya mulu 🙏🏻
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Jawaban :

 Dalam kasus di atas menurut imam Al Bulqiniy harus shalat zhuhur, akan tetapi kalau shalat jum'at karena taqlid pada imam yang memperboleh kurang dari 40 orang jga boleh dan lebih baik lagi bla shalat jum'at kemudian disertai dengan shalat zhuhur. Bahkan menurut sebagian Ulama, takutlah meninggalkan shalat jum'at walawpun kurang dari 40 orang karena shalat jum'at bagian dari rahmat Allah dan pelebur dosa dalam seminggu. :


                         إعانة الطالبين ٢/٥٨-٥٩ 📙

.وسئل البلقيني عن أهل قرية لا يبلغ عددهم أربعين يصلون الجمعة أو الظهر فأجاب رحمه الله يصلون الظهر على مذهب الشافعي وقد أجاز جمع من العلماء أن يصلون الجمعة وهو قوي فإذا قلدوا أى جميعهم من قال هذه المقالة فإنهم يصلون الجمعة وإن احتاطوا فصلوا الجمعة ثم الظهر كان حسنا، والذي يظهر عدم اشتراط تقليد جميعهم إذا كان المقلد بفتح اللام يقول باكتفائه في الجمعة. وقال بعضهم إعلم أن أمر الجمعة عظيم وهي نعمة جسيمة إمتن الله بها على عباده فهي من خصائصنا جعلها الله محط رحمته ومطهرة لأثام الأسبوع ولشدة إعتناء السلف الصالح بها كانوا يبكرون لها على السرج فاحذر أن تتهاون بها مسافرا أومقيما ولو مع دون أربعين بتقليد والله يهدي من يشاء إلى صراط مستقيم.

: (مسألة: ج): المذهب عدم صحة الجمعة بمن لم يكمل فيهم العدد، واختار بعض الأصحاب جوازها بأقل من أربعين تقليداً للقائل به،

Manurut madhab Syafi'i tidak sah salat jum'at dengan hitungan kurang dari 40 orang. Dan sebagian Ash-habus Syafi'iyyah memilih pada boleh nya salat jum'at dengan hitungan kurang dari 40 dengan taqlid pada pendapat yang membolehkannya. Masalah hitungn jema'ah dalam jum'at itu ulama' berbeda2 pendapat hingga nyampe 25 pendapat.. Namun pendapat yang paling mu'tamat adalah 40. Menurut abu yusuf dan muhammad yang di ceritakan oleh awza'I dan abi nashir adalah 4 orang sah. Menurut ibnu hazim 2 orang cukup seperti jema'ah biasa.. 

[ Bughyah bab salat jum'at ].
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

 Adapun hukum perincian

Tidak sah sholat jumat kecuali di laksanakan 40 orang yg punya akal merdeka, bermukim baik desa/ kota mereka melaksanakan sholat jumat pada waktu musim kemarau/ musim hujan dan tidak beperjian kecuali karna hajat, dan ketika mereka pindah pada musim kemarau/ hujan tidak terbilang sebagai mustautin dengan kesepakatan ashab syafii.

Hal tersebut menjadi syarat sah nya jumat menurut madzhab dan nas syafiiyah serta jumhur ulama syafiiyah

Arti 40 ialah imam dan makmum dalam artian makmumnya 39.

Kutipan ibnu Qhos dalam kitab talkhis yang mengutip qaul qodim jumat terbilang 3 orang dengan 2 makmum sebagian ashab menceritakan demikian, hal tersebut ada dalam kitab talkhis 3 orang beserta imam,

Hal tersebut adalah pendapa yg ghorib dan jumhur ulama mengingkari serta menyatakan kliru. 

Imam quffal dalam syarah kitab talkhis mengemukakan pendapat tersebut kliru imam syafii tidak pernah berpendapat demikian itu yg kami ketahui (kata imam quffal) bahwa pendapat tersebut merupakan pndapat imam abu hanifah

 ( أما حكم الفصل ) فلا تصح الجمعة إلا بأربعين رجلا بالغين عقلاء أحرارا مستوطنين القرية أو البلدة التي يصلى فيها الجمعة لا يظعنون عنها شتاء ولا صيفا إلا سفر حاجة ، فإن انتقلوا عنه شتاء وسكنوه صيفا أو عكسه فليسوا مستوطنين ولا تنعقد بهم بالاتفاق ، وهذا الذي ذكرناه من اشتراط أربعين هو المعروف من مذهب الشافعي والمنصوص في كتبه ، وقطع به جمهور الأصحاب ، ومعناه أربعون بالإمام فيكونون تسعة وثلاثين مأموما . 

ونقل ابن القاص في التلخيص قولا للشافعي قديما : أنها تنعقد بثلاثة : إمام ومأمومين ، هكذا حكاه عن الأصحاب ، والذي هو موجود في التلخيص ثلاثة مع الإمام ، ثم إن هذا القول الذي حكاه غريب أنكره جمهور الأصحاب وغلطوه فيه . 

قال القفال في شرح التلخيص : هذا القول غلط لم يذكره الشافعي قط ولا أعرفه ، وإنما هو مذهب أبي حنيفة . 

وقال الشيخ أبو علي السنجي في شرح التلخيص : أنكر عامة أصحابنا هذا القول وقالوا : لا يعرف هذا للشافعي . 

قال : ومنهم من سلم نقله ، وحكى أصحابنا الخراسانيون وجها ضعيفا أنه يشترط أن يكون الإمام زائدا على الأربعين ، حكاه جماعة من العراقيين أيضا ، منهم صاحب الحاوي والدارمي والشاشي . 

قال صاحب الحاوي : هو قول أبي علي ابن أبي هريرة حكاه الروياني قولا قديما . 

وأما قول المصنف ( هل تنعقد بمقيمين غير مستوطنين ؟ ) فيه وجهان مشهوران : أصحهما : لا تنعقد ، اتفقوا على تصحيحه ، ممن صححه المحاملي وإمام الحرمين والبغوي والمتولي وآخرون ، وسيأتي إن شاء الله - تعالى - في الفرع الآتي بيان محل الوجهين

Wallahu A'lamu bisshowab.


Penanggung jawab: @ummi/ امي دندازهيرة

Perumus dan mujawwib:   @Ust khosiyanto spdi @ust Aby Abd Hady @Ustadz M . Hasyiem Ritonga spd  @Ustad عاشق العلماء,  @ustd Ishadi 
@Ustadzah Al Maidatul Mutiara Annisa
dan Tim Admin yg lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Menolak Perjodohan Dari Orang Tua

Hukum Baju Yang Transparan Bagi Perempuan

HUKUM SHOLAT LIHURMATIL WAKTI/لفاقد الطهورين