HUKUM KOTORAN CICAK DAN STATUS AIR YG SEDIKIT KEJATUHAN NAJIS

Assalamualaikum wr wb.

Diskripsi maslah:

Sebagai seorang muslim, memang sudah selayaknya kita semua menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesucian baik pakaian maupun tempat beribadah, utamanya dalam  ibadah terlebih shalat. Karena, salah satu syarat sahnya shalat yaitu suci, sedangkan kesucian itu tidak akan bisa diwujudkan tanpa adanya perhatian terhadap kebersihan. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.

عن علي رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم “مفتاح الصلاة الطهور وتحريمها التكبير وتحليلها التسليم

Berbicara tentang shalat tentunya tidak akan lepas dengan yang namanya masjid. Sebab masjid merupakan pusat berkumpulnya orang-orang muslim untuk menunaikan shalat secara berjama’ah. Sebagai tempat dilaksanakannya shalat maka sudah selayaknya kebersihan dan kesucian masjid pun perlu dijaga dengan baik. Adapun kita sebagai kaum muslim sudah selayaknya merasa memiliki tanggungjawab dalam menjaga kebersihan masjid minimal di lingkungan di mana kita bertempat tinggal.

Bentuk bangunan masjid biasanya luas dan tinggi, sehingga memungkinkan banyak hewan-hewan bersarang baik di dalam maupun di sekitarnya. Biasanya hewan yang bersarang di masjid ada cicak, serangga, dan burung. Hewan-hewan tersebut bahkan sering membuang kotoran pada tempat untuk melaksanakan shalat.

Pertanyaanya:

1. Bagaimna hukumnya tahi cicak burng kalelawer dlls.?

2. Trus bgaimna status Air yg sedikit tatkala kjatuhan tahi cicak.?

Jawaban:

Kotoran cicak itu dihukumi ma’fu (kotoran yang dimaafkan), sehingga tidak perlu disucikan. cukup dibersihkan saja. Sebagaimana keterangan yang terdapat dalam kitab 

📕 Hasyiyah Qolyubi juz 1 halaman 209

(ويعفى) أي في الصّلاة فقط، أو فيها وغيرها ما مرّ على عامر. قوله: (عن قليل دم البراغيث) ومثله فضلات ما لا نفس له سائلة. قال شيخ شيخنا عميرة ومثله بول الخفّاش، كما في شرح شيخنا ورجّح العلّامة ابن قاسم العفو عن كثيره أيضا. قال وذرقه كبوله، وقال تبعا لابن حجر، وكذا سائر الطّيور، ويعفى عن ذرقها وبولها، ولو في غير الصّلاة على نحو بدن أو ثوب قليلا أو كثيرا رطبا أو جافّا ليلا أو نهارا لمشقّة الاحتراز عنها فراجعه مع ما ذكروه في ذرق الطّيور في المساجد


📙I’anah at-Thalibin:

 قال: (قوله ومكان يصلى فيه) أي وطهارة مكان يصلى فيه ويستثنى منه ما لو كثر ذرق الطيور فيه فإنه يعفى عنه في الفرش والأرض بشروط ثلاثة أن لا يتعمد الوقوف عليه وأن لا تكون رطوبة وأن يشق الاحتراز عنه “

Dan disyaratkan sucinya tempat yang dibuat shalat. Dikecualikan dari hal ini permasalahan ketika banyak kotoran burung di tempat tersebut. Maka kotoran ini dihukumi najis yang ma’fu ketika berada di tanah atau permadani (Jawa: lemek) dengan tiga syarat. Tidak menyengaja berdiam diri di tempat yang terdapat kotoran tersebut, kotoran tidak dalam keadaan basah dan sulit untuk dihindari.

📙Sayyid Abu Bakar Syatho’, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz 1, hal. 80) 

Demikian penjelasan tentang materi ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa ketika orang yang sedang shalat terkena najis berupa kotoran burung atau cicak maka ia harus segera membuangnya ketika najis tersebut dalam keadaan kering. Berbeda halnya ketika najis tersebut basah, maka ia harus melepas pakaiannya jika tidak sampai membuka aurat, jika sampai membuka aurat atau najis tersebut mengenai kulitnya maka shalatnya menjadi batal.

2. ada pedapat bahwa air sedikit yang kemasukan najis tidak dihukumi najis selama tidak berubah warna/ bau/ rasanya, ini pendapatnya ibnu mundzir, imam al ghazali dalam kitab ihya, dan imam ruyani dalam kitab al-bahr dan al hilyah.

📚Al-bahjatul wirdiyah. Juz.1/ Hal. 30

ﻭﻗﻴﻞ ﻻ ﻳﻨﺠﺲ ﻛﺜﻴﺮ ﺍﻟﻤﺎﺀ و ﻻ ﻗﻠﻴﻠﻪ الا ﺑﺎﻟﺘﻐﻴﺮ ﺣﻜﺎﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻋﻦ ﻃﺎﺋﻔﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ و ﻏﻴﺮﻫﻢ و ﺍﺧﺘﺎﺭﻩ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﻨﺬﺭ و ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ ﻓﻲ ﺍﻼ ﺣﻴﺎﺀ و ﺍﻟﺮﻭﻳﺎﻧﻲ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻴﻪ ﺍﻟﺒﺤﺮ و ﺍﻟﺤﻠﻴﺔ ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻫﻮ ﺍﺧﺘﻴﺎﺭﻱ ﻭﺍﺧﺘﻴﺎﺭ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﺭﺃﻳﺘﻬﻢ ﺑﺨﺮﺍﺳﺎﻥ و ﺍﻟﻌﺮﺍﻗﻲ

📚[I'anatut thalibin

واختار كثيرون من أئمتنا مذهب مالك: أن الماء لا ينجس مطلقا إلا بالتغير،

(قوله: واختار كثيرون الخ) مرتبط بقوله وينجس قليل الماء الخ.(قوله: لا ينجس مطلقا) أي قليلا كان أو كثيرا.قال ابن حجر: وكأنهم نظروا للتسهيل على الناس، وإلا فالدليل ظاهر في التفصيل


📙Raudhah jilid 1 halaman 16

فصل:ﻓﻲاﻟﻤﻨﻔﺼﻞ ﻋﻦ ﺑﺎﻃﻦ اﻟﺤﻴﻮاﻥ

ﻫﻮ ﻗﺴﻤﺎﻥ: ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ: ﻟﻴﺲ ﻟﻪ اﺟﺘﻤﺎﻉ، ﻭاﺳﺘﺤﺎﻟﺔ ﻓﻲ اﻟﺒﺎﻃﻦ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻳﺮﺷﺢ ﺭﺷﺤﺎ. ﻭاﻟﺜﺎﻧﻲ: ﻳﺴﺘﺤﻴﻞ ﻭﻳﺠﺘﻤﻊ ﻓﻲ اﻟﺒﺎﻃﻦ ﺛﻢ ﻳﺨﺮﺝ. ﻓﺎﻷﻭﻝ، ﻛﺎﻟﻠﻌﺎﺏ، ﻭاﻟﺪﻣﻊ، ﻭاﻟﻌﺮﻕ، ﻭاﻟﻤﺨﺎﻁ، ﻓﻠﻪ ﺣﻜﻢ اﻟﺤﻴﻮاﻥ اﻟﻤﺘﺮﺷﺢ ﻣﻨﻪ، ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻧﺠﺴﺎ ﻓﻨﺠﺲ، ﻭﺇﻻ، ﻓﻄﺎﻫﺮ. ﻭاﻟﺜﺎﻧﻲ: ﻛﺎﻟﺪﻡ، ﻭاﻟﺒﻮﻝ، ﻭاﻟﻌﺬﺭﺓ، ﻭاﻟﺮﻭﺙ، ﻭاﻟﻘﻲء. ﻭﻫﺬﻩ ﻛﻠﻬﺎ ﻧﺠﺴﺔ ﻣﻦ ﺟﻤﻴﻊ اﻟﺤﻴﻮاﻥ، ﺃﻱ: ﻣﺄﻛﻮﻝ اﻟﻠﺤﻢ ﻭﻏﻴﺮﻩ.

Pemahaman yg sya tangkap dr ibarat raudhah ini adalah semua kotoran hewan,sm ada kotoran hewan yg bisa di makan atau tdk bisa di makan,itu semuanya najis.

tujuan pembahasan kt dsini adalah tahi cicak,maka dgn memaham ibarat diatas,tahi cicak sdh pasti di hukumkan najis

ﻭﻟﻨﺎ ﻭﺟﻪ: ﺃﻥ ﺑﻮﻝ ﻣﺎ ﻳﺆﻛﻞ ﻟﺤﻢﻫ ﻭﺭﻭﺛﻪ ﻃﺎﻫﺮاﻥ. ﻭﻫﻮ

[ ﺃﺣﺪ] 

ﻗﻮﻟﻲ ﺃﺑﻲ ﺳﻌﻴﺪ اﻹﺻﻄﺨﺮﻱ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ، ﻭاﺧﺘﺎﺭﻩ اﻟﺮﻭﻳﺎﻧﻲ ﻭﻫﻮ ﻣﺬﻫﺐ ﻣﺎﻟﻚ ﻭﺃﺣﻤﺪ.

ﻭاﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﻣﻦ اﻟﻤﺬﻫﺐ اﻟﻨﺠﺎﺳﺔ. ﻭﻫﻞ ﻳﺤﻜﻢ ﺑﻨﺠﺎﺳﺔ ﻫﺬﻩ اﻟﻔﻀﻼﺕ ﻣﻦ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ -؟ ﻭﺟﻬﺎﻥ. ﻗﺎﻝ اﻟﺠﻤﻬﻮﺭ: ﻧﻌﻢ. 

Pemahaman yg sya tangkap dr ibarat ini: mazhab ashab syafi'i thobqat yg ke 2,imam abu sa'id isthokhri dan qadhi mazhab syaf'i imam ruyani,imam malik dan imam ahmad,mengatakan bhw tahi dan kencing dr hewan yg bisa di makan dagingnya,itu tdk najis

adapun yg sdh di ketahui dr mazhab syafi'i tetap menghukumkan najis,

spt tahi ayam,itik,kambing,sapi dst,

dan jumhur ulama brpendapat bhw kenajisan kotoran hewan yg bisa di makan itu memang dr rasulullah lgsg,

ﻭﻓﻲ ﺑﻮﻝ اﻟﺴﻤﻚ، ﻭاﻟﺠﺮاﺩ، ﻭﺩﻣﻬﻤﺎ ﻭﺭﻭﺛﻬﻤﺎ، ﻭﺭﻭﺙ ﻣﺎ ﻟﻴﺲ ﻟﻪ ﻧﻔﺲ ﺳﺎﺋﻠﺔ، ﻭاﻟﺪﻡ اﻟﻤﺘﺤﻠﺐ ﻣﻦ اﻟﻜﺒﺪ، ﻭاﻟﻄﺤﺎﻝ، ﻭﺟﻬﺎﻥ. اﻷﺻﺢ: اﻟﻨﺠﺎﺳﺔ.

dan pd tahi,kencing dan darah ikan dan belalang,dan tahi dr binatang yg tdk punya darah yg mengalir,

itu ada 2 pendapat,

dan qaul paling ashoh mengatakan itu najis

muqabil ashah,yaitu qaul shohih,mengatakan itu adalah tdk najis

hubunganx ke cicak adalah,apakah cicak ini dr jenis binatang yg darah nya mengalir atau tdk,?

mari kt menuju ke pembahasan kedua

📙Majmu jilid 1 halaman 129

ﻭﺃﻣﺎ اﻝﻭﺯﻍ ﻓﻘﻄﻊ اﻟﺠﻤﻬﻮﺭ ﺑﺄﻧﻪ ﻻ ﻧﻔﺲ ﻟﻪ ﺳﺎﺋﻠﺔ: ﻣﻤﻦ ﺻﺮﺡ ﺑﺬﻟﻚ اﻟﺸﻴﺦ ﺃﺑﻮ ﺣﺎﻣﺪ ﻓﻲ ﺗﻌﻠﻴﻘﻪ ﻭاﻟﺒﻨﺪﻧﻴﺠﻲ ﻭاﻟﻘﺎﺿﻰ ﺣﺴﻴﻦ ﻭﺻﺎﺣﺐ اﻟﺸﺎﻣﻞ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ ﻭﻧﻘﻞ اﻟﻤﺎﻭﺭﺩﻱ ﻓﻴﻪ ﻭﺟﻬﻴﻦ ﻛﺎﻟﺤﻴﺔ ﻭﻗﻄﻊ اﻟﺸﻴﺦ ﻧﺼﺮ اﻟﻤﻘﺪﺳﻲ ﺑﺄﻥ ﻟﻪ ﻧﻔﺴﺎ ﺳﺎﺋﻠﺔ ﻗﺎﻝ ﻭﻗﺪ ﺫﻛﺮﻩ ﺃﺑﻮ ﻋﺒﻴﺪ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ اﻟﻄﻬﻮﺭ ﻭﺃﻧﻪ ﻗﺘﻞ ﻓﻮﺟﺪ ﻓﻲ ﺭﺃﺳﻪ ﺩﻡ: ﻭﻛﺬا ﺭﺃﻳﺖ ﺃﻧﺎ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ اﻟﻄﻬﻮﺭ ﻷﺑﻲ ﻋﺒﻴﺪ ﺃﻥ اﻝﻭﺯﻍ ﻭاﻟﺤﻴﺔ ﻟﻬﻤﺎ ﻧﻔﺲ ﺳﺎﺋﻠﺔ ﻭﺩﻡ ﻓﻲ ﺭﺅﺳﻬﻤﺎ

dalam ktb majmu ini dkatakan bhw jumhur ulama mengatakan cicak itu dr jenis binatang yg tdk mengalir darahnya,

wlwpn msh ada perdebatan dr beberapa ulama bhw cicak itu binatang yg mengalir darahnya,letak darahnya dkepalanya,

jika mengikut qaul jumhur,bhw cicak itu dr jenis binatang yg tdk mengalir darahnya,

maka di hukumkan lah sesuai yg di ktb raudhah di atas bhw tahi dan kencing cicak adalah tdk najis atas qaul muqabil ashah,

kan di atas qaul ashohnya tetap dkatakan najis wlwpn dr ikan,belalang dan binatang yg darahnya tdk mengalir.

📙Tuhfah halaman 81 jilid 1

ﻛﺬﺑﺎﺏ ﻭﺑﻌﻮﺽ ﻭﻗﻤﻞ ﻭﺑﺮاﻏﻴﺚ ﻭﺧﻨﺎﻓﺲ ﻭﺑﻖ ﻭﻋﻘﺮﺏ ﻭﻭﺯﻍ ﻭﺑﻨﺎﺕ ﻭﺭﺩاﻥ ﻭﺯﻧﺒﻮﺭ ﻭﺳﺎﻡ ﺃﺑﺮﺹ ﻻ ﺣﻴﺔ ﻭﺳﻠﺤﻔﺎﺓ ﻭﺿﻔﺪﻉ ﻭﻟﻮ ﺷﻚ ﻓﻲ ﺷﻲء ﺃﻳﺴﻴﻞ ﺩﻣﻪ ﺃﻭ ﻻ ﻟﻢ ﻳﺠﺮﺡ ﻓﻴﻤﺎ ﻳﻈﻬﺮ ﺧﻼﻓﺎ ﻟﻠﻐﺰاﻟﻲ ﻛﻤﺎ ﺑﻴﻨﺘﻪ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ اﻹﺭﺷﺎﺩ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﺑﻞ ﻟﻪ ﺣﻜﻢ ﻣﺎ ﻻ ﻳﺴﻴﻞ ﺩﻣﻪ

dalam tuhfah pun ibnu hajar mengatakan cicak di kategorikan binatang tdk mengalir darahnya,

dr pembahasan beberapa ktb di atas, hasil lah beberapa masalah pd cicak:

1- cicak dr jenis binatang yg tdk mengalir darahnya

2- cicak dr jenis binatang yg tdk boleh di makan

dgn ini bisa di fahami bhwa kotoran cicak tetap najis pd kedua hasil ini,wlwpn pd qaul muqabil ashah kotoran cicak bkn najis,krn di kategorikan kebinatang tdk mengalir darah,dan di qiyaskan dgn ikan dan belalang

lalu apakah tahi cicak tetap di hukumkan najis gairu ma'fu atau ma'fukan kan td di atas,cicak dsamakan dgn hukum ikan dan belalang,mari menuju ke pembahasan ke tiga

📙Minhajul qawim jilid 1 halaman 15

"ﻭ" ﻣﻨﻬﺎ "ﻣﻴﺘﺔ ﻻ ﺩﻡ ﻟﻬﺎ ﺳﺎﺋﻞ" ﻋﻨﺪ ﺷﻖ ﻋﻀﻮ ﻣﻨﻬﺎ ﻓﻲ ﺣﻴﺎﺗﻬﺎ ﻭﻳﻠﺤﻖ ﺷﺎﺫ اﻟﺠﻨﺲ ﺑﻐﺎﻟﺒﻪ، ﻭﻣﺎ ﺷﻚ ﻓﻲ ﺳﻴﻞ ﺩﻣﻪ ﻟﻪ ﺣﻜﻢ ﻣﺎ ﻳﺘﺤﻘﻖ ﻋﺪﻡ ﺳﻴﻼﻥ ﺩﻣﻪ ﻭﻻ ﻳﺠﺮﺡ ﺧﻼﻓًﺎ ﻟﻠﻐﺰاﻟﻲ ﻭﺫﻟﻚ ﻛﺰﻧﺒﻮﺭ ﻭﻋﻘﺮﺏ ﻭﻭﺯﻍ2 ﻭﻧﻤﻞ ﻭﻧﺤﻞ ﻭﺑﻖ ﻭﻗﺮاﺩ3 ﻭﻗﻤﻞ ﻭﺑﺮﻏﻮﺙ ﻭﺧﻨﻔﺴﺎء4 ﻭﺫﺑﺎﺏ

📙Umdatus salik halaman 41

، ﺇﻻ ﻋﻦ ﺩﻡ ﺑﺮاﻏﻴﺚ ﻭﻗﻤﻞ ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ، ﻣﻤﺎ ﻻ ﻧﻔﺲ ﻟﻪ ﺳﺎﺋﻠﺔ، ﻓﻲﻋﻔﻰ ﻋﻦ ﻗﻠﻴﻠﻪ ﻭﻛﺜﻴﺮﻩ،

📙Iqna halaman 90 jilid 1

ﻭﻱﻋﻔﻰ ﻋﻦ ﺩﻡ اﻟﺒﺮاﻏﻴﺚ ﻭاﻟﻘﻤﻞ ﻭاﻟﺒﻖ ﻭﻭﻧﻴﻢ اﻟﺬﺑﺎﺏ ﻭﻋﻦ ﻗﻠﻴﻞ ﺑﻮﻝ اﻟﺨﻔﺎﺵ ﻭﻋﻦ ﺭﻭﺛﻪ ﻭﺑﻮﻝ اﻟﺬﺑﺎﺏ ﻷﻥ ﺫﻟﻚ ﻣﻤﺎ ﺗﻌﻢ ﺑﻪ اﻟﺒﻠﻮﻯ ﻭﻳﺸﻖ اﻻﺣﺘﺮاﺯ ﻋﻨﻪ ﻭﺩﻡ اﻟﺒﺮاﻏﻴﺚ ﻭاﻟﻘﻤﻞ ﺭﺷﺤﺎﺕ ﺗﻤﺼﻬﺎ ﻣﻦ (ﺑﺪﻥ) اﻹﻧﺴﺎﻥ ﻭﻟﻴﺲ ﻟﻬﺎ ﺩﻡ ﻓﻲ ﻧﻔﺴﻬﺎ ﺫﻛﺮﻩ اﻹﻣﺎﻡ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻓﻲ ﺩﻡ اﻟﺒﺮاﻏﻴﺚ ﻭﻣﺜﻠﻬﺎ اﻟﻘﻤﻞ

aku menangkap dr pemahaman dsni,beliau2 membahas mslh darah dr binatang yg darahnya tdk mengalir itu di ma'afkan sm aja sdkt atau bnyak,dan tertuju pd mslh nyamuk,kutu,pampijit,dan lalat

adapun mslh cicak dsinggung hanya pd mslh apbl ada bangkai cicak di air dbwh 2 qullah tdk menajiskan air itu,

di pembahasan ke 4 akan lbh jelas


📙asnal mathalib jilid 1 halaman 170

(ﻗﻮﻟﻪ: اﻟﺮاﺑﻊ ﻃﻬﺎﺭﺓ اﻟﻨﺠﺲ) ﻳﺴﺘﺜﻨﻰ ﻣﻦ اﻟﻤﻜﺎﻥ ﻣﺎ ﻟﻮ ﻛﺜﺮ ﺫﺭﻕ اﻟﻄﻴﺮ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻌﻔﻰ ﻋﻨﻪ ﻟﻠﻤﺸﻘﺔ ﻓﻲ اﻻﺣﺘﺮاﺯ ﻣﻨﻪ ﻛﻤﺎ ﻧﻘﻠﻪ ﻓﻲ اﻟﺨﺎﺩﻡ ﻋﻦ اﻟﺸﻴﺦ ﺃﺑﻲ ﺇﺳﺤﺎﻕ ﻓﻲ اﻟﺘﺬﻛﺮﺓ ﻓﻲ اﻟﺨﻼﻑ،

📙minhajul qawim jilid 1 halaman 113

ﻭﻳﻌﻔﻰ ﻋﻦ ﺫﺭﻕ اﻟﻄﻲﻭﺭ ﻓﻲ اﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﻭﺇﻥ ﻛﺜﺮ ﻟﻤﺸﻘﺔ اﻻﺣﺘﺮاﺯ ﻋﻨﻪ ﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﺘﻌﻤﺪ اﻟﻤﺸﻲ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺣﺎﺟﺔ ﺃﻭ ﻳﻜﻮﻥ ﻫﻮ ﺃﻭ ﻣﻤﺎﺭﺳﻪ ﺭﻃﺒًﺎ،


📙tuhfah jilid 2 halaman 120

ﻭﻳﺴﺘﺜﻨﻰ ﻣﻦ اﻟﻤﻜﺎﻥ ﺫﺭﻕ اﻟﻄﻲﻭﺭ ﻓﻴﻌﻔﻰ ﻋﻨﻪ ﻓﻴﻪ ﺃﺭﺿﻪ، ﻭﻛﺬا ﻓﺮاﺷﻪ ﻋﻠﻰ اﻷﻭﺟﻪ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺟﺎﻓﺎ ﻭﻟﻢ ﻳﺘﻌﻤﺪ ﻣﻼﻣﺴﺘﻪ ﻭﻣﻊ ﺫﻟﻚ ﻻ ﻳﻜﻠﻒ ﺗﺤﺮﻱ ﻏﻴﺮ ﻣﺤﻠﻪ ﻻ ﻓﻲ اﻟﺜﻮﺏ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﻌﺘﻤﺪ 

beliau menyinggung mslh kotoran burung,dan kotoran burung ini di ma'afkan saja jika ia mau sholat dsekitarnya itu,krn susahnya menghindar dr kotoran2 itu,krn saking bnyakx kotoranx,

ini masalahnya pd masjidil haram atau masjid2 yg tdk ada atapnya yg mudah dlalui burung diatasnya,sehingga tdk bs lg di hindari jika burung di atas membuang kotoranx,

di ma'afkan kotoran burung ini

dgn syarat kotoranx tdk mengenai badan nya atau tdk ia injak lalu nempel di kakinya,dan kotorannya kering,tdk basah,kalau basah maka tdk di ma'afkan,

di qiyaskan lbh aula dr kotoran burung,yaitu kotoran cicak,

krn dr segi badan lbh besar burung,dan kotoranx lbh blepotan dr kotoran cicak,

maka dgn ini di hukumkan bhwa

kotoran cicak adalah najis yg di ma'afkan pd tempat ia smbhyg dgn syarat:

1- tdk basah

2- tdk menempel dibadan wkt sholat

3- tdk nempel dpakaianx wkt sholat

dan di ma'afkan ini hanya pd tempat,bkn pd badan dan pakaian,

jd sma saja banyak atau sdkt jika tahi cicak itu kering,maka trmsk najis yg ma'fu

tp jika tahi cacak itu basah,maka gairu ma'fu sm aja sdkt apalg bnyak,

sm aja dtmpt ia smbhyg,aplg di badanbdan Atw d pakaianya

tetapi dalam ta'liq fathul mu'in jilid 1 halaman 84 spt dalam i'anah tholibin

1 ﻗﺎﻝ اﻟﺸﻴﺦ اﻟﺴﻴﺪ اﻟﺒﻜﺮﻱ ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻦ ﻫﺬا اﻟﺤﻜﻢ ﺿﻌﻴﻒ.

2 ﻭﻫﺬا اﻟﺤﻜﻢ ﺃﻳﻀﺎ ﺿﻌﻴﻒ.

hukum mslh kotoran burung di atas adalah dho'if

tetapi kotoran cicak kan lbh ringan dr kotoran burung,dan mslh kotoran burung ini tdk jd qaid,bs di qiyaskan ke kotoran lain yg umul balwa dan susah menghindarinya,

cumanya kotoran cicak ini mudah menghindarinya tp umumul balwah

keputusan dr pembahasan tentang kotoran cicak adalah :

1- kotoran cicak termsk najis ma'fu jika kering sm ada sdkt atau bnyk jika di tmpt peribadahan

tdk terbawa dalam pakaianya dan badanya

2- kotoran cicak trmsk najis gairu ma'fu jika basah,sm ada sdkt aplg bnyak,

قال أصحابنا : وهو مذهب مالك والأوزاعي وسفيان الثوري وداود ونقلوه عن أبي هريرة والنخعي ، قال ابن المنذر : وبهذا المذهب أقول ، واختاره الغزالي في الإحياء واختاره الروياني في كتابيه البحر والحلية قال في البحر : " هو اختياري واختيار جماعة رأيتهم بخراسان والعراق " وهذا المذهب أصحها بعد مذهبنا*

Pendapat yg lebih dominan versi syafiiyah ttp di hukumi najis walau sebagian ulama syafiiyah ada yg menyatakan tdk najis di dkung ulama lintaz madzhab

Imam annawawi mengutip pendapat imam arruyani ulama irak dan khurasan memilih pendapat yang tdk najis pendapat tersebut ashoh menurut mereka tetapi kualitas ashoh tersebut masih di bawah kualitas mayoritas syafiiyah yg menyatakan ttp najis.

Wallahu A'lamu bisshowab.

Penanggung jawab: @ummi/ امي دندازهيرة
Perumus dan mujawwib:   @Ust khosiyanto spdi @ust Aby Abd Hady @Ustadz M . Hasyiem Ritonga spd  @Ustad عاشق العلماء,  @ustd Ishadi dan Tim Admin yg lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Menolak Perjodohan Dari Orang Tua

Hukum Baju Yang Transparan Bagi Perempuan

HUKUM SHOLAT LIHURMATIL WAKTI/لفاقد الطهورين