HUKUM SHOLAT YG WAJIB DI QHADO BAGI WANITA HAID
Diskripsi masalah:
Sangat banyak kita temukan hadist Nabi yg menganjurkan untuk melaksanakan sholat diawal waktu,diantara hadits dari Ibnu Mas’ud :
سألت النبي صلى اللّٰه عليه وسلم :أي الأعمال أفضل؟ قال الصلاة لاول وقتها
ِ"Aku pernah bertanya kepada Nabi SAW, amal apakah yang lebih afdhal ? Rasulullah menjawab :Shalat pada awal waktu.(H.R. Darulquthni)".
Namun si Fatimah(nama samaran) sebagai ibu rumah tangga yg sibuk menyiapkan keperluan anak nya untuk mengantarkan anak nya kepesantren sehingga sholat ashar pun tidak bisa dia laksanakan diawal waktu,setelah selesai melaksanakan pekerjaan nya ternyata waktu ashar masih menyisahkan waktu 1 jam lagi untuk melaksanakan sholat ashar,Namun ketika dia hendak bersuci untuk melaksanakan sholat ashar tiba tiba dia melihat dicelana ada darah ternyata darah itu adalah darah haidh.
Pertanyaan:
1.Apakah Fatimah dapat dosa karena menunda sholat,dan apakah sholat itu wajib hukumnya disegerakan?
2.Apakah sholat ashar yg belum terlaksanakan Fatimah dikarenakan tiba tiba datang haidh wajib di qodhonya?
Jawaban:
1.Si fatimah tidak berdosa karna karena kewajiban shalat dilaksanakan diawal waktu,maksudnya wajib yang leluasa, artinya boleh menunda shalat dari awal waktu sampai akhir waktu,yang memang cukup waktu untuk melaksanakannya.Akan tetapi bagi orang yg tidak mengerjakan sholat diawal waktu(menunda sholat) maka wajib baginya azam(bertekad) untuk melakukannya,karena jika seseorang ber azam untuk melakukan sholat dan dia mati bersamaan waktu sholat masih lapang dan dia belum melaksanakan sholat maka matinya tidak keadaan maksiat,dan jika dia tidak berazam dan dia mati dalam keadaan belum sholat sementara waktu untuk sholat masing luas maka matinya dalam keadaan maksiat.
Referensi:
حاشية البيجوري على فتح القريب ج ١ ص ٢٣٢ دار الكتب العلمية
وقوله(يجب كل منها باول الوقت)اي باول وقته المحدود شرعا.وقوله:(وجوبا موسعا)اي موسعا فيه،لانه لا يجب فعل الصلاة باول الوقت على الفور،بل يجوز تأخيرها الى ان يبقى من الوقت ما يسعها،لكن ان لم يفعلها فى اول وقتها يجب عليه العزم على فعلها قبل خروج الوقت،فيجب عليه بدخول الوقت احد الامرين:اما الفعل او العزم عليه فى الوقت،فان لم يفعل ولم يعزم اثم،فاذا عزم على الفعل فيه ولم يفعل ومات مع اتساع الوقت لا يموت عاصما،لان لها وقتا محدودا بحيث لو اخرجها عنه لاثم.
نهاية الزين فى ارشاد المبتدئين ص ٥١ الحرمين📙
وبدخول الوقت تجب الصلاة وجوبا موسعا الي ان يبقى من الوقت ما يسعها لكن إذا أراد تأخير فعلهَا عَن أول الوقت لزم العزم على فعلها في الوقت على الأصح فَإن أخرهَا عن أول وقتهَا مع العزم على ذلِك ومات فِي أثنَاء الوَقت قبل فعلهَا لم يكن عاصيا بخلاف مَا إِذا لم يعزم العزم الْمذكور فإنه إِذا ماتَ في ثناء الوقت قبل فعلها كانَ عاصيا.
حاشية اعانة الطالبين على حل الفاظ فتح المعين ج ١ ص١١٨ الحرمين
واعلم أن الصلاة تجب بأول الوقت وجوبا موسعا فلَه التأخير عن أوله إِلى وقت يسعها بشرط أنْ يعزم على فعلها فيه,ولو أدرك في الوقت ركعة لا دونهاَ فاَلكل أداء وَإلا فقضاء.
NB:Seseorang berdosa, jika menunda shalat sampai melakukan shalat melewati batas waktu, meskipun dalam waktu dapat melakukan satu raka’at.
حاشية اعانة الطالبين على حل الفاظ فتح المعين ج ١ ص ١١٨ الحرمين
ويأثم بإخراج بعضها عن الوقت وإن أدرك ركعة.
2.Sholat ashar yg belum dikerjakan si Fatimah yg tiba tiba datang haidh maka wajib di qodho.karena ada beberapa sholat yg wajib di qhodo wanita haidh,yaitu:
• SHALAT SAAT DATANGNYA UDZUR.
Bila datangnya udzur (haid dan nifas) telah masuk waktu shalat sekira cukup menjalankan shalat dengan bersucinya (wudhu, tayammum atau mandi) secepat mungkin tetapi ia belum mengerjakan shalat tersebut.
• SHALAT SAAT HILANGNYA UDZUR.
Bila hilangnya udzur (haid dan nifas) masih menyisakan waktu shalat sekedar takbiratul ihram.
• SHALAT SEBELUM HILANGNYA UDZUR.
Dan juga diwajibkan mengqadha shalat sebelum hilangnya udzur bila memenuhi ketentuan :
1.Masih menyisakan waktu shalat sekedar takbiratul ihram.
2.Sholat sebelumnya dapat di jama' dengan sholat yang dirinya berhenti haid, (misalkan ia berhenti pada waktu asyar atau isya’ maka dzuhur atau maghribnya juga wajib di Qodho berbeda saat ia berhenti haid pada waktu shubuh, magrib, dhuhur maka tidak wajib baginya menQodho sholat sebelumnya).
3.Udzurnya hilang (tidak kembali lagi) dalam waktu minimal cukup untuk mengerjakan dua sholat fardhu dan bersucinya.
*الفقه على المذاهب الاربعة ص ٢٥٤📙
الشافعية قالوا : أما إذا طرأ الجنون ونحوه كالحيض بعد أن مضى من أول الوقت ما يسع الصلاة وطهرها بأسرع ما يمكن فإنه يجب قضاء الصلاة وإذا ارتفع العذر وكان الباقي من الوقت قدر تكبيرة الإحرام فأكثر وجب قضاء تلك الصلاة مع ما قبلها إن كانت تجمع معها كالظهر مع العصر بشرط أن يستمر ارتفاع العذر زمنا متصلا يسع الطهر والصلاتين زيادة على ما يسع الصلاة المؤداة وطهرها
هذا إذا كان الطهر بالوضوء فإن كان بالتيمم فيشترط أن يسع قدر طهرين وصلاتين فإن لم يسع إلا طهرا واحدا وصلاة واحدة لم تجب ما قبلها
Wallahu A'lamu bisshowab.
Penanggung jawab: @ummi/ امي دندازهيرة
Perumus dan mujawwib: @Ustadz M . Hasyiem Ritonga spd @Ustad عاشق العلماء, @ustd Ishadi dan Tim Admin yg lainnya.
Komentar
Posting Komentar